Kapten Fantastis Steven Gerrard

Mengenal Liverpool, tentu kita juga mengenal salah satu sosok legenda hidup sekaligus sang kapten The Reds dalam beberapa dekade belakangan ini, Steven Gerrard. Pemain berkebangsaan Inggris itu merupakan salah satu gelandang terbaik yang dimiliki oleh tim Nasional The Three Lion, begitu pula dengan Liverpool. Tak heran jika banyak para pendukung yang menyebut bahwa Gerrard adalah kapten fantastis.

Steven Gerrard
Steven Gerrard sang kapten fantastsi Liverpool

Sebelum menjabat sebagai kapten tim, Gerrard terlebih dahulu menjadi wakil kapten. Hingga akhirnya pada bulan Oktober 2003, dirinya pun dipercaya untuk menjadi kapten utama tim, menggantikan Sami Hypia. Waktu itu, Liverpool masih dilatih oleh Gerrard Houlliler. Ia mengungkapkan bahwa Steven Gerrard sudah menunjukkan kehebatannya dalam kualitas memimpin di atas lapangan dan dirinya sudah lebih dewasa.

Karir Junior Steven Gerrard

Lahir di Whiston, Inggris pada tanggal 30 Mei 1980, Steven Gerrad memulai karirnya bersama tim lokal, Whiston Juniors. Bermain memukau di klub pertamanya tersebut, membuat pencari bakat Liverpool terpincut dan memutuskan merekrutnya ke dalam skuat akademi junior The Reds. Kala itu, usianya baru menginjak 9 tahun.

Steven Gerrard
Steven Gerrard kala bermain untuk akademi Liverpool

Tetapi, di akademi Liverpool, Gerrard kurang berkembang dengan sangat baik. Hasilnya pun, dirinya hanya bermain sebanyak 20 pertandingan saja dari usia 14 tahun hingga 16 tahun. Saat usianya menginjak 14 tahun, Gerrard memiliki kesempatan untuk bertanding melawan Manchester United.

Di usia mudanya, Steven mengalami kecelakaan yang disebabkan oleh garpu taman berkarat. Sehingga, Gerrard harus merelakan jari kakinya. Namun, insiden tersebut tak membuat sang legenda itu menjadi putus asa. Dirinya terus berlatih keras setiap saat dan menunjukkan kehebatannya dalam mengelola si kuli bundar.

Hingga pada akhirnya, Steven Gerrard menandatangani kontrak profesional pertamanya saat usinya menginjak 17 tahun. Tepatnya, pada tanggal 5 November 1997, dirinya resmi menjadi pemain bola profesional bersama Liverpool.

Kesuksesan Gerrard Berseragam Liverpool

Setahun berselang sejak menandatangani kontrak profesionalnya bersama Liverpool, Gerrard akhirnya melakukan debut bersama tim utama Liverpool pada tanggal 29 November 1998. Dirinya masuk di babak kedua untuk menggantikan peran Vegard Heggem di lini tengah saat laga melawan Blackburn Rovers.

Steven Gerrard
Steven Gerrard berhasil mengantarkan Liverpool mengangkat trofi Liga Champions

Gerrard mulai mengisi starting line up Liverpool, semejak Jamie Redknapp mengalami cedera. Penampilan pertamanya sebagai starting eleven The Reds terjadi kala berhadapan dengan Celta Vigo dalam kejuaraan Piala UEFA. Semenjak itu, pemain kelahiran Whiston, mencatatkan laga sebanyak 13 penampilan bersama Liverpool di musim tersebut.

Di musim 2003/2004, Stevie G (sapaan akrab Steven Gerrard) belum mampu mengantarkan Liverpool untuk menjuarai di berbagai ajang, termasuk juga trofi Liga Primer Inggris. Sehingga, rumor akan kepergian sang kapten mencuat ke publik. Ditambah lagi, sang pelatih, Houllier juga memutuskan untuk mengundurkan diri.

Namun tetapi, pada akhirnya, tawaran senilai 20 juta Pounds atau setara Rp 384 Miliar dari Chelsea ditolak oleh Steven Gerrard dan memutuskan untuk tetap membela Liverpool dibawah asuhan pelatih baru, Rafael Benitez.

Stevie G mengawali musim 2004/2005 dengan cedera pada pertengahan September kala berhadapan dengan The Reds Devil. Cedera tersebut tidak terlalu parah, hingga pada akhir bulan November, sang kapten kembali lagi merumput. Namun sayang, di musim itu, Gerrard harus melakukan gol bunuh diri di partai puncak Piala Liga saat bersua The Blues. Skor akhir menjadi 2-3 untuk keunggulan Chelsea dan berhak menjadi kampiun.

Tetapi, di musim yang sama, Steven bersama Liverpool mampu bangkit di ajang Liga Champions. The Reds mampu mengangkat trofi si Kuping Besar, setelah melakukan perlawanan yang begitu sengit kala melawan wakil Italia, AC Milan di sepanjang 120 menit. Klub yang bermarkas di Anfield Stadium itu pun menang melalui drama adu penalti.

Dirinya memutuskan hengkang dari Liverpool pada tahun 2015 dan bergabung bersama LA Galaxy. Steven Gerrard sudah mencatatkan penampilan sebanyak 504 laga dan berhasil mencetak 120 gol saat berseragam The Reds serta memenangkan sejumlah trofi baik di level tim maupun individu.